Rabu, 14 Mei 2008

TELUR VS KENTANG

Ada sebuah pertanyaan, apakah perbedaan antara telur dan kentang setelah keduanya selesai direbus? Jawabannya adalah telur isinya menjadi keras dari sebelumnya berbentuk cair. Sedangkan kentang sebaliknya, isi kentang menjadi lunak dari sebelumnya keras.
Ilustrasi tersebut dapat menggambarkan bagaimana kehidupan seorang murid Kristus. Murid Kristus seharusnya seperti kentang yang telah direbus, mungkin dulunya dia ”keras” tetapi kemudian menjadi ”lunak”. Keras disini diartikan kehidupan lama dan lunak merupakan kehidupan yang sudah diubahkan. Di sini point pentingnya adalah terjadi perubahan ke arah yang lebih baik.
Bagaimana bisa terjadi perubahan? Kentang yang semula keras dan kemudian menjadi lunak membutuhkan suatu proses, tidak instan. Kentang harus rela direbus di dalam air yang mendidih, PANAS!!! Tapi proses itu memang harus dilalui, kalau tidak kentang itu tidak akan pernah menjadi lunak. Demikian juga kita sebagai murid Kristus. Untuk dapat menjadi serupa dengan Kristus juga harus mau melalui proses. Terkadang kita harus mau ”direbus” untuk akhirnya semakin menyerupai Kristus. Ada harga yang harus dibayar ketika menjadi murid Kristus. Sangkal diri, memikul salib adalah bagian dari proses yang harus kita lalui agar hidup kita semakin serupa dengan Dia yang sempurna itu.
Kristus menghendaki setiap muridNya hidupnya semakin hari semakin serupa dengan Dia. Jalanilah setiap penderitaan dan pergumulan hidup, jangan mundur. Mintalah kekuatan dari Allah supaya kita bisa melaluinya. Amin.

Tidak ada komentar: